Selasa, 03 Juli 2012

Definisi dan Pengertian Opini Publik


Apa itu opini publik ?


OPini publik berasal dari kata Bahasa Inggris Public Opinion. Menurut Djoenasih, S Sonerjo dalam bukunya Opini Publik, Opini publik dalam bahasa indonesia sering diterjemahkan dengan " Pendapat Umum". Dengan demikian public diterjemahkan dengan "umum" sedangkan "opinion"diterjemahkan dengan kata "pendapat".
dalam Ilmu komunikasi terdapat istilah lain yaitu Public Relations yang umumnya diterjemahkan dengan "Hubungan Masyarakat" dimana dalam hal ini public diterjemahkan dengan "masyarakat"dan relations diterjemahkan dengan kata "hubungan".
Para pakar komunikasi Di Indonesia ada yang menerjamhkan Public Opinion menjadi pendapat umum (Seperti Astrid S. Susanto, Guru Besar Komunikasi I) dan ada pula pakar yang menybutnya atau menterjemahkannya menjadi opini publik (Seperti Onong Uchjana Efendy, Guru Besar kOmunukasi UNPAD).
Opini publik itu akan berkembang dan menjadi kuat apabila opini publik itu didukung oleh beberapa opini kelompok (group opinion) sehingga oopini publik itu akan lebih mudah digerakkan.

Sumber : Buku Dasar-Dasar Public Relation , karya Drs Soleh Soemirat , MS dan Drs Elvinaro Ardianto, M.Si 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
What do you things about me?

Pengikut

Cari Blog Ini